Ormas dan LSM di Minahasa Bakal di Tertibkan


Jumat, 21 Juni 2013 - 18:01:40 WITA
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: DAERAH - Dibaca: 429 kali



Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Minahasa yang tidak melaporkan administrasi secara rutin, akan segera ditertibkan. Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Minahasa, Siby Sengke S.sos melalui Kepala Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga Legislatif dan Eksekutif Kebangpol Linmas Minahasa, Yohanes Pondaag.

Dia menjelaskan, sudah menjadi ketentuan yang berlaku bagi setiap Ormas dan LSM yang mendaftar untuk wajib memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) setiap tahunnya.

“Untuk perubahan anggaran dasar itu minimal dilakukan dua tahun sekali, namun untuk proses administrasi harus dilakukan setiap tahun, dan bahkan jika ada perubahan dalam struktur Ormas atau LSM, itu harus segera dilaporkan ormas dan LSM terkait,” ujarnya.

Lanjut dia menjelaskan, penertiban dalam bentuk administratif ini adalah upaya untuk mengecek ormas maupun LSM yang masih aktif. Menurutnya, ini untuk mencegah adanya kegiatan ilegal yang dilakukan oleh ormas maupun LSM.

“Ormas dan LSM yang tidak melapor akan segera ditertibkan dan akan dianggap tidak aktif, dengan demikian setiap kegiatan yang dilaksanakannya akan dianggap ilegal,” timpalnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang di himpun Manado Express, sampai tahun 2013 ini tercatat ada 32 Ormas dan LSM yang sudah resmi terdaftar di Kesbangpol Linmas Minahasa. (Jeksen Kewas)

Foto : Kantor Kesbangpol-Linmas Kabupaten Minahasa


Berita Terkait