Dikda Kota Tomohon Mulai Terapkan Kurikulum Baru


Sabtu, 13 Juli 2013 - 16:19:24 WITA
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: DAERAH - Dibaca: 322 kali



Sampai saat ini, Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kota Tomohon akan mulai menerapkan kurikulum baru tahun 2013 untuk sekolah-sekolah yang ada di daerah tersebut. Penerapan kurikulum rencananya akan dilakukan secara bertahap berdasarkan tingkatan kelas untuk sekolah-sekolah yang ada.


“Kurikulum baru ini akan mulai diterapkan secara perlahan, dan untuk tahun depan nanti beberapa kelas akan mulai menerapkan kurikulum baru tersebut, yaitu kelas 1 dan kelas 4 SD, kelas 7 SMP, dan kelas 10 SMA/SMK,” Ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar untuk Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon, Drs  Sonny Saruan, SPd MPd.

Lanjut dia menjelaskan, untuk sementara waktu, beberapa tingkatan kelas lainnya masih akan menggunakan kurikulum yang lama, dan secara perlahan, akan diupayakan program kurikulum baru tersebut  tuntas tahun 2015 nanti


“Rencananya tahun 2015 nanti semua sekolah yang ada di Kota Tomohon sudah menerapkan kurikulum baru tersebut,” Timpalnya.


Selain itu, dia mengaku persiapan untuk penerapan kurikulum baru tersebut sudah sementara dilakukan. Beberapa guru pun sudah mulai dibekali dengan pelatihan untuk menerapkan kurikulum baru tersebut di sekolah-sekolah yang ada. Menurutnya, ada sekitar 15 guru yang ikut pelatihan di Makasar, dan mereka ini dilatih untuk menjadi 'pilot project' untuk sekolah-sekolah di Tomohon.


“Ada 3 sekolah di Tomohon yang masing-masing mengutus 5 orang guru untuk mengikuti pelatihan tersebut, yaitu SD Inpres Woloan 2, Frater Don Bosco, dan SD Katolik pangolombian. Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi tenaga pendidik untuk sekolah yang ada di Tomohon,” Terang Saruan. (Herie Soriton)

 

Foto : Kabid Dikdas Kota Tomohon, Drs  Sonny Saruan, SPd MPd


Berita Terkait