Keberadaan Mobil PLIK Dipertanyakan


Senin, 19 November 2012 - 22:26:24 WITA
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: DAERAH - Dibaca: 245 kali



Tomohon,ME

Belum lama ini pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), telah menerima mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK). Kini, sejumlah Camat mempertanyakan keberadaan mobil tersebut.

Herry Lantang, Camat Tomohon Utara mengatakan, jika mobil ini sudah ada, harusnya sudah bisa diberdayakan. Karena menurutnya, itu bisa sangat membantu warga dalam memperoleh informasi.

"Jika memang sudah ada, paling tidak kami sebagai Camat akan mendapat informasi soal mobil ini. Tapi sampai sekarang blum ada kabar. Kalau memang sudah siap beroperasi, itu pasti akan sangat membantu warga. Saya sendiri akan menginstruksikan untuk menggilir mobil itu di tempat publik seperti di Kantor Kecamatan, sekolah dan di pusat-pusat keramaian warga," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Tomohon Tengah, Vonnie F. Montolalu. Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi sama sekali terkait keberadaan PLIK tersebut.

"Sampai saat ini, kami belum dapat info. Padahal mobil itu bisa membantu warga. Para siswa apalagi, jika mobil itu ditaruh di area sekolah, siswa bisa mendapat kemudahan dalam penyelesaian tugas-tugas mereka," pungkasnya.

Sementara, pihak Kepala Dishubkominfo Lilly Solang, lewat Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Nonny Petrus, saat dimintai keterangan Senin (19/11) mengatakan, mobil PLIK memang sudah ada tapi menunggu Memoir of Understanding (MoU) dari provinsi.

"Mobil PLIK memang sudah ada! Satu unit, namun belum bisa kami operasikan karena kami sementara menunggu MoU dari provinsi," terangnya.

Petrus juga mengatakan, pihaknya serba salah karena menurut pihak provinsia hal ini juga penting tapi operasinal costnya diatur dari MoU.

"Sebenarnya kami sudah menyusun jadwal penyaluran mobil ini di kelurahan-kelurahan dan sekolah-sekolah, soalnya di pusat kota sudah ada Media Center, tapi kami sedang menunggu keseluruhan biaya operasional yang disusun di Pemerintah Provinsi karena untuk biaya sendiri Pemprov bekerja sama dengan pihak ketiga yakni PT. Telkom untuk urusan jaringan. Jadi kami mohon bersabar," jelas Petrus. (tr-03)

 

Foto : Penyerahan mobil PLIK ke Pemkot Tomohon beberapa waktu yang lalu.


Berita Terkait